Cara Menjadi Seorang Makelar Saham

businessman-607831_640Apakah anda telah selesai menonton film yang berjudul Wall Street? Sebenarnya, menjadi seorang makelar saham tidaklah bergemlimpangan kemewahan dan hidup glamour, hanya saja sangat menyenangkan. Seorang broker / makelar saham adalah pakar keuangan yang kerap menasihati kliennya (perusahaan atau individu) supaya mendapatkan investasi tepat yang sesuai dengan tujuan dan kemampuannya. Untuk menjadi makelar saham, ia harus bekerja terlebih dahulu di rumah perdagangan – membeli dan menjual saham di pasar saham terbatas kepada anggota dari bursa saham. Seorang makelar juga dianggap sebagai agen penjualan sekuritas atas surat berharga dan agen penjualan komoditas. Berikut segala sesuatu tentang makelar saham yang perlu anda ketahui.

  • Permulaan
  1. Menimba ilmu di perguruan tinggi yang tepat

Pertama mungkin akan sulit, tetapi yakinlah jika anda bisa melakukannya. Jika anda ingin tampil secara kompetitif maka anda harus mendapatkan gelar. Ekonomi, keuangan, matematika, akutansi, atau manajemen bisnis adalah bidang-bidang yang baik untuk anda raih gelarnya. Dan ada baiknya jika anda kuliah agar bisa mendapatkan wawasan yang lebih dalam lagi.

  1. Terjun ke dalam praktek magang

Beberapa broker mencoba terjun ke dalam praktek magang selama tahun terakhir saat mereka kuliah. Ubahlah kampus anda menjadi “Klub Investasi” atau memulai salah satunya jika belum ada. Melakoni praktek magang adalah impian yang dapat membuka jalan anda menjadi seorang miliarder dengan cara yang sangat mudah.

  1. Mempertimbangkan untuk mendapatkan gelar MBA (Master of Business Administration)

Sebenarnya mendapatkan gelar MBA tidak terlalu penting tetapi jika anda berniat untuk meraihnya maka gelar MBA akan menempatkan anda ke bagian atas dari calon setumpuk karyawan yang melamar di satu tempat pekerjaan. Semakin banyak orang yang mendapatkan gelar ini maka membuat mereka selalu terdepan. Langkah ini bisa membantu anda untuk memajukan pekerjaan, penandatanganan bonus besar dan mendapatkan kompensasi yang lebih tinggi.

  1. Mendidik diri sendiri

Membaca, Menonton, Mengekspos diri, Belajar. Ini adalah bidang dimana anda dapat membuat diri menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya. Maka dari itu, perbanyaklah membaca. Menonton acara berita keuangan. Ikuti saham yang berbeda dan melihat pasaran mana yang naik dan pasaran mana yang turun.

  1. Memulai portofolio investasi anda sendiri

Saat anda sudah mulai beranjak dewasa, anda pun harus mengurus uang anda sendiri. Anda dapat mempelajari hal tersebut dari anggota keluarga anda yang hidup hemat dan mulai membangun pengetahuan anda didalamnya.

  • Merencanakan Masa Depan Anda
  1. Mempertimbangkan pilihan anda

Ada 4 jalur karir yang bisa anda ambil, yaitu:

  1. Perusahaan riset

Jika anda telah memutuskan untuk mengambil salah satu jalur karir yang anda inginkan, anda masih harus memutuskan dimana perusahaan yang ingin anda masuki.

  1. Mendapatkan pelatihan didalam perusahaan tersebut

Anda perlu untuk mendapatkan pelatihan selama beberapa bulan sebelum anda dapat mengambil lisensi dan menjadi makelar saham seutuhnya, namun anda tentu saja masih dapat bekerja. Ini semua tergantung tempat dimana anda bekerja. Beberapa orang mungkin menyebutnya sebagai magang dan beberapa diantaranya menyebutnya sebagai pra-latihan. Bahkan beberapa akan menawarkan gaji lebih besar daripada yang lainnya.

  • Mendapatkan Kualifikasi Penuh
  1. Mengikuti ujian.

Terdapat 2 tes dasar yang harus anda ambil, yaitu:

  • Series 7

Secara resmi dikenal sebagai General Securities Registered Representative Examination. Tes ini diberikan oleh NASD (FINRA) dan merupakan tes tersulit yang akan anda hadapi (berlangsung selama 6 jam). Setelah melewatkan ujian ini maka anda menjadi “perwakilan terdaftar” atau makelar saham. Anda memiliki hak untuk menjual semua surat berharga dan investasi terkecuali untuk perumahan, asuransi jiwa dan komoditas berjangka.

  • Series 63

Ini hanya tentang melakukan bisnis dan berbagai undang-undang yang mengatur transaksi. Ujian ini jauh lebih singkat (75 menit) dan lebih mudah.

  1. Mempertimbangkan untuk mengambil ujian lainnya guna mengkhususkan diri

Hal ini tidak terlalu diperlukan, tetapi tidak ada salahnya bagi anda untuk mencobanya. Beberapa tes dasar yang dapat anda ikuti adalah:

  • Series 65 – perusahaan anda mungkin mengharuskan anda untuk menjadi “Pakar Investasi Terdaftar”. Anda harus mengambil ujian 65 agar menjadi seorang manajemen yang profesional.
  • Series 66 – merupakan kombinasi dari 63 dan 65.
  • Series 3 – tes ini diperlukan untuk menjual kontrak komoditas berjangka waktu.
  • Series 31 – tes ini diperlukan untuk menjual dana berjangka yang dikelola.
  1. Menangani setumpuk dokumen

Setelah ujian anda berada didalam tas, anda harus menyelesaikan pendaftaran anda dengan FINRA atauNFA dan mendaftarkan diri dengan Komisi Sekuritas yang terdapat di masing-masing negara. Inilah dasar-dasarnya:

  • Melewati pemeriksaan latar belakang
  • Mendapatkan kartu sidik jari
  • Dokumen lengkap untuk tingkat kedua wilayah bagian dan federal
  1. Memenuhi kuota dan melewati tahun pertama anda

Apabila bagian yang sulit telah berakhir maka anda sekarang telah menjadi makelar yang sah dan harus memenuhi harapan. Tergantung pada perusahaan anda, mereka mungkin akan memberikan gaji pokok selama 6 bulan sampai 1 tahun sebagai pemberian waktu untuk membangun klien anda. Ini akan menjadi bagian tersulit. Bahkan membutuhkan waktu beberapa tahun sebelum mereka benar-benar merasa nyaman. Ini adalah pekerjaan yang melelahkan tetapi sebanding dengan hasil yang didapat.

  1. Mengambil program pendidikan berkelanjutan

Dalam rangka mempertahankan lisensi anda, anda harus menghadiri seminar dan mengambil kelas pendidikan. Bos anda akan memfasilitasi hal ini untukmu. Anda hanya perlu waspada sebab pasaran terus berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *